
UPT SMP Negeri 3 Tuban Siap Songsong Tahun Ajaran 2025/2026 Melalui Workshop Review Intensif KSP, RKAS, dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran
Tuban, 10 Juli 2025 – Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi Tahun Ajaran 2025/2026 dengan optimal, UPT SMP Negeri 3 Tuban sukses menyelenggarakan workshop intensif yang fokus pada Review Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KSP), Review Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), serta Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Acara yang berlangsung selama 3 hari ini, dari tanggal 10 Juli 2025 hingga 12 Juli 2025 di aula utama sekolah, diikuti oleh seluruh guru dan staf pengajar UPT SMP Negeri 3 Tuban berlangsung dengan penuh antusiasme.
Wakil Kepala UPT SMP Negeri 3 Tuban, Ibu Yuyun Sriwahyuni, S.Pd,. dalam sambutannya menyatakan bahwa pentingnya kegiatan ini sebagai landasan kokoh bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. “Workshop ini bukan sekedar rutinitas tahunan, melainkan sebuah komitmen kita bersama untuk memastikan bahwa setiap aspek pendidikan di UPT SMP Negeri 3 Tuban berjalan sesuai standar, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik di era sekarang,” ujar Ibu Yuyun Sriwahyuni selaku Wakil Kepala Sekolah.
Beliau juga menambahkan bahwa melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh komponen sekolah memiliki pemahaman yang seragam dan sinergi dalam mencapai visi dan misi pendidikan.
Workshop ini menjadi momen penting bagi kita untuk menelaah kembali Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KSP) yang telah kita jalankan. Mari kita cermati bersama, apakah KSP kita sudah relevan dengan tantangan zaman dan kebutuhan peserta didik di era sekarang? Apakah sudah mengakomodir perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi?
Selanjutnya, kami akan meninjau Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) . Ini adalah peta jalan keuangan kita. Mari kita pastikan bahwa setiap rupiah yang kami alokasikan benar-benar mendukung program-program pendidikan yang berkualitas, transparan, dan akuntabel.
Dan yang tak kalah pentingnya, kami akan fokus pada Penyusunan Perangkat Pembelajaran . Ini adalah senjata utama kita di kelas. Melalui bimbingan Bapak Tri Haryanto, mari kita asah kemampuan kita untuk menyusun RPP, bahan ajar, dan instrumen penilaian yang inovatif, yang mampu membangkitkan minat belajar siswa, serta memfasilitasi mereka mencapai potensi terbaiknya.
Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Tri Haryanto, S.Pd., M.Pd. , atas kesediaan beliau meluangkan waktu dan berbagi ilmu yang sangat berharga bagi kami semua. Semoga bimbingannya menjadi bekal berharga bagi UPT SMP Negeri 3 Tuban untuk terus berinovasi mengungkapkannya.
Workshop ini mempunyai peran krusial dalam memastikan kesiapan sekolah menyambut tahun ajaran baru, terutama dalam menyelaraskan program kerja dengan Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang telah ditetapkan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang penting untuk menyusun perangkat pembelajaran yang inovatif dan efektif guna menunjang proses belajar mengajar.
Sebagai narasumber utama dalam workshop ini, hadir Bapak Tri Haryanto, S.Pd., M.Pd. , sekaligus sebagai Pengawas Sekolah yang memiliki rekam jejak panjang dan mendalam di dunia pendidikan. Dalam paparannya, Bapak Tri Haryanto menekankan pentingnya sinergi antara KSP, RKAS, dan perangkat pembelajaran sebagai tulang punggung keberhasilan pendidikan di sekolah.
“KSP, RKAS, dan perangkat pembelajaran adalah tiga pilar yang tidak dapat dipisahkan dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas,” ujar Bapak Tri Haryanto dalam sesi pembukaan. “Melalui workshop ini, kami akan meninjau ulang, menyelaraskan, dan menyusun strategi terbaik agar seluruh komponen ini bekerja secara harmonis demi kemajuan peserta didik kami.”
Sesi pertama workshop difokuskan pada Review KSP . Peserta diajak untuk mengkaji ulang visi, misi, tujuan, dan strategi sekolah yang tertuang dalam KSP, memastikan relevansi dan kesesuaiannya dengan kebutuhan zaman serta regulasi pendidikan terbaru. Diskusi interaktif terjadi, menghasilkan berbagai masukan konstruktif untuk penyempurnaan KSP.
Dengan pemaparan 8 SNP.PP No.4/2022. “ Standar Kelulusan, Standar isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar PTk, Standar beaya, Standar Sarpras dan Standar Pengelolaan” mengupas tuntas KAA 8 Dimensi dengan pengimplementasian 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (KAIH). Gerakan 7KAIH bertujuan membentuk anak-anak Indonesia dengan karakter yang tangguh dan berdaya saing; ” 1. Bangun pagi: menanamkan kedisiplinan dan kesiapan menghadapi hari. 2.Beribadah: Membentuk pribadi yang memiliki nilai spiritual yang kuat. 3. Berolahraga: Mendorong kebugaran fisik dan kesehatan mental. 4. Makan sehat Bergizi : Menunjang pertumbuhan dan kecerdasan. 5. Gemar belajar: Menumbuhkan rasa ingin tahu dan krativitas. 6. Bermasyarakat : Mengajarkan kepedulian dan tanggung jawab sosial dan 7. Tidur cepat : dan kualitas istirahat yang baik”
Review KSP: Adaptasi Kurikulum Merdeka dan Konteks Lokal
Sesi Review KSP menjadi salah satu fokus utama workshop. Para guru secara kolaboratif mengkaji ulang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang berlaku, khususnya dalam rangka adaptasi penuh terhadap Kurikulum Merdeka yang akan semakin diimplementasikan pada Tahun Ajaran 2025/2026. Pembahasan mendalam meliputi:
- Analisis Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran (TP): transkripsi keselarasan CP dan TP dengan karakteristik peserta didik dan potensi lokal Tuban.
- Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Merancang tema-tema P5 yang inovatif dan relevan, mengintegrasikan kearifan lokal, serta menyusun panduan implementasi yang praktis.
- Peninjauan Struktur Kurikulum: membaca alokasi waktu dan materi pembelajaran sesuai dengan ketentuan terbaru dan kebutuhan pengembangan kompetensi siswa.
- Integrasi Teknologi dan Isu Kontemporer: Membahas bagaimana teknologi dapat diasimilasikan secara efektif dalam pembelajaran dan isu-isu global atau nasional dapat diangkat ke dalam konteks pembelajaran.
Sesi review KSP menjadi salah satu inti dari workshop ini. Seluruh peserta diajak untuk mengkaji ulang Kurikulum Satuan Pendidikan yang telah berjalan. Diskusi intensif dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, serta peluang perbaikan. Fokus utama adalah memastikan KSP UPT SMP Negeri 3 Tuban tetap relevan dengan standar pendidikan nasional, mengakomodasi karakteristik dan potensi peserta didik, serta selaras dengan konteks lokal Tuban. Pembahasannya mencakup peninjauan kembali profil pelajar Pancasila , tujuan pembelajaran, dan strategi implementasi kurikulum merdeka. Diharapkan dari sesi ini, KSP UPT SMP Negeri 3 Tuban semakin adaptif dan efektif dalam mencetak lulusan yang berkarakter dan berdaya saing.
Selanjutnya, sesi Review RKAS mengambil alih perhatian. Bapak Tri Haryanto memandu peserta dalam menganalisis alokasi anggaran, memastikan bahwa setiap pos anggaran mendukung program-program strategi yang telah direncanakan. Transparansi dan efektivitas penggunaan dana menjadi poin utama yang digaris bawahi dalam sesi ini.
Review RKAS: Transparansi dan Efisiensi Anggaran untuk Pendidikan Berkualitas
Sesi Review RKAS bertujuan untuk memastikan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dalam penggunaan anggaran sekolah. Tim perencana dan guru bersama-sama meninjau kembali alokasi anggaran yang telah ditetapkan, dengan fokus pada:
- Program Prioritas: berpendapat bahwa anggaran dialokasikan untuk program-program yang paling mendukung tercapainya tujuan pendidikan dan pengembangan siswa.
- Efektivitas Belanja: Mengidentifikasi potensi penghematan tanpa mengurangi kualitas, serta mencari cara untuk memaksimalkan dampak setiap rupiah yang dibelanjakan.
- Dukungan Sarana dan Prasarana: menerima ketersediaan anggaran untuk pemeliharaan dan peningkatan fasilitas sekolah demi kenyamanan dan keamanan proses belajar mengajar.
- Pengembangan Profesional Guru: Mengalokasikan dana yang memadai untuk pelatihan dan pengembangan kompetensi guru, sejalan dengan visi sekolah.
Penyusunan Perangkat Pembelajaran: Inovasi dan Diferensiasi untuk Pembelajaran Bermakna
Bagian krusial dari workshop ini adalah penyusunan perangkat pembelajaran. Para guru dibagi berdasarkan mata pelajaran dan jenjang, kemudian secara intensif menyusun dan menyempurnakan berbagai perangkat pembelajaran, meliputi:
- Modul Ajar/RPP: Mengingatkan modul ajar yang inovatif, berpusat pada siswa, dan mengakomodasi keberagaman gaya belajar. Fokus pada pembelajaran berdiferensiasi.
- Asesmen Diagnostik, Formatif, dan Sumatif: Merancang instrumen asesmen yang komprehensif untuk memetakan kebutuhan belajar siswa, memadukan kemajuan, dan mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
- Materi Ajar Berbasis Digital dan Kontekstual: Menyampaikan materi ajar yang menarik, relevan dengan kehidupan siswa, dan memanfaatkan media digital.
- Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD): Membuat LKPD yang interaktif dan menstimulasi pemikiran kritis siswa.
Bagian paling substansial dari lokakarya ini adalah sesi penyusunan perangkat pembelajaran. Dipandu oleh tim fasilitator internal maupun eksternal yang berkompeten, para guru secara berkelompok menyusun dan mereview Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), modul terbuka, bahan terbuka, serta instrumen penilaian. Penekanan diberikan pada pengembangan perangkat pembelajaran yang berdiferensiasi, artinya mampu mengakomodasi beragam gaya belajar dan kebutuhan peserta didik. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran juga menjadi fokus pembahasan, mendorong guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi. Output dari sesi ini diharapkan menjadi panduan praktis bagi guru dalam melakukan proses belajar mengajar di kelas dengan lebih efektif dan menarik. Langkah selanjutnya Menyusun Modul Ajar (P5) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pembagian kelompok berdasarkan 8 dimensi profil lulusan dan Profil Pelajar Pancasila kepada Pengampu mata pelajaran masing-masing kelas 7, kelas 8, kelas 9.
Dimensi profil lulusan dan Profil pelajar pancasila adalah; 1. Keimanan dan Ketakwaan, 2. Kewarganegaraan, 3. Penalaran Kritis, 4. Kreatifitas, 5. Kolaborasi, 6 Kemandirian, 7. Kesehatan, dan 8. Komunikasi.
Puncak dari lokakarya ini adalah sesi Penyusunan Perangkat Pembelajaran . Dengan bimbingan Bapak Tri Haryanto, para guru secara kolaboratif menyusun dan merevisi berbagai perangkat pembelajaran, mulai dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), hingga materi terbuka dan instrumen penilaian yang inovatif dan berorientasi pada pencapaian kompetensi peserta didik. Beliau juga menekankan pentingnya diferensiasi pembelajaran untuk mengakomodasi keberagaman gaya belajar siswa. Penekanan diberikan pada pengembangan perangkat pembelajaran yang berpusat pada siswa, mendorong kreativitas, berpikir kritis, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.
Kepala UPT SMP Negeri 3 Tuban, dalam berbagai hal, menyampaikan penghargaan tinggi kepada Bapak Tri Haryanto atas bimbingan dan ilmu yang telah dipublikasikan. Beliau juga mengungkapkan harapannya agar hasil lokakarya ini dapat diimplementasikan secara maksimal dalam persiapan Tahun Ajaran 2025/2026, sehingga UPT SMP Negeri 3 Tuban dapat terus menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing.
Melalui lokakarya komprehensif ini, UPT SMP Negeri 3 Tuban menunjukkan keseriusannya dalam menghadapi tantangan dan peluang di tahun ajaran mendatang. Dengan perencanaan yang matang dan perangkat pembelajaran yang relevan, diharapkan proses pendidikan akan berjalan lebih optimal, menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif bagi seluruh warga sekolah.
Harapan Kedepan “Komitmen Bersama Menuju Pendidikan Berkualitas”
Dengan berakhirnya workshop ini, UPT SMP Negeri 3 Tuban menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan. “Kami percaya bahwa dengan perencanaan yang matang, kolaborasi yang kuat, dan semangat pantang menyerah, UPT SMP Negeri 3 Tuban akan mampu memberikan pengalaman belajar terbaik bagi peserta didik kami,” pungkas Ibu Anik Winarni, M.Pd selaku Kepala Sekolah di akhir sesi.
Seluruh peserta workshop menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif sepanjang kegiatan. Semangat kebersamaan dan keinginan untuk terus belajar menjadi modal utama bagi UPT SMP Negeri 3 Tuban dalam menyongsong Tahun Ajaran 2025/2026 dengan optimisme tinggi, demi terwujudnya generasi penerus bangsa yang cerdas, berkarakter, dan berdaya saing global.
Workshop ini menjadi bukti nyata komitmen UPT SMP Negeri 3 Tuban dalam menghadirkan pendidikan berkualitas, relevan, dan adaptif bagi seluruh peserta didiknya.
Dokumentasi kegiatan hari 1 : https://vt.tiktok.com/ZSB9eJbPh/ atau https://www.instagram.com/reel/DL7S2LoStHI/?igsh=NGQycW1yZG5yNTMz