Username
Password
18 April 2014
M
S
S
R
K
J
S
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

Standar Kelulusan

  • Pencapaian peningkatan ketaqwaan dan keimanan siswa 100%
  • Pencapaian tingkat kedisiplinan siswa 100%.
  • Pencapaian nilai Ujian Nasional (UN) rata-rata untuk mapel Bahasa Indonesia (100% > 8,5), Matematika (100% > 8,5) dan Bahasa Inggris (100% > 8,5 ),IPA  (100%> 8,5)
  • Pencapaian nilai Ujian Sekolah (US) 100% > 8,0.
  • Pencapaian tingkat ketuntasan untuk semua mata pelajaran minimal 7,5.
  • Pencapaian peningkatan kejuaraan Prestasi di bidang olahraga terutama renang,karate , bola basket, bola volly dan atletik di tingkat Kabupaten, Propinsi, Regional dan Nasional.
  • Pencapaian peningkatan prestasi di bidang seni terutama seni baca puisi, seni tari, geguritan, samproh, paduan suara dan teater di tingkat Kabupaten, Propinsi, Regional dan Nasional.
  • Pencapaian peningkatan prestasi di bidang akademik melalui lomba MIPA Olimpiade Kabupaten, Propinsi, Regional dan Nasional,Internasional.
  • Pencapaian peningkatan prestasi Lomba Karya Ilmiah Remaja dan lomba penciptaan teknologi tepat guna di Kabupaten, Propinsi, Regional dan Nasional,Internasional.
  • Pencapaian peningkatan lomba ”English Competition for SMP” tingkat kabupaten,Propinsi,Nasional.
  • Pencapaian peningkatan Lomba Pidato dakwah agama di tingkat Kabupaten ,Propinsi, Nasional.

Standar Isi :

  • Peningkatan pemahaman dokumen 1 kurikulum (UU, PP, Permen, KTSP, Silabus, dan RPP),dengan standar nasional maupun internasional.
  • Peningkatan pemahaman dan penyusunan KTSP dokumen 2 (silabusdan RPP), dengan standar nasional maupun internasional.
  • Peningkatan pemahaman dan penyusunan pemetaan SK/KD, dengan standar nasional maupun internasional.
  • Pengembangan bahan ajar berdasarkan pemetaan SK/KD, dengan standar nasional maupun internasional.
  • Pengembangan media pembelajaran sesuai tuntutan KTSP (KurikulumSMP Negeri 3 Tuban)

Standar Proses :

  • Pengembangan pembelajaran dengan mengintegrasikan IMTAQ, IPTEK, dan life skills.
  • Pengembangan pembelajaran dengan pendekatan CTL, quantum learning, dan PAKEM.
  • Pengembangan pembelajaran dengan menggunakan multimedia/IT.
  • Pengembangan pembelajaran dengan menggunakan laboratorium IPA, Laboratorium Komputer , Laboratorium Bahasa Inggris maupun Indonesia.
  • Pengembangan pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar internet, perpustakaan E-Learning ,  
  • Pengembangan pembelajaran (IPA dan IPS terpadu) dengan Tim Teaching.

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan :    

  • Peningkatan kompetensi pendidik pada aspek pedagogis, sosial, kepribadian, dan profesional untuk menyongsong sertifikasi guru.
  • Peningkatan kualitas guru ke jenjang S2.
  • Peningkatan kompetensi guru dalam pemahaman KTSP.
  • Peningkatan kompetensi pendidik pada penerapan CTL, Quantum learning, dan PAKEM.
  • Peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan multimedia pembelajaran.
  • Peningkatan kemampuan guru dalam memahami program Excel,Power Point dan Flass.
  • Peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan inovasi pembelajaran dengan desain PTK.
  • Peningkatan kompetensi guru dalam bahasa Inggris secara aktif untuk komunikasi.
  • Peningkatan pemahaman guru dalam layanan BK
  • Peningkatan kemampuan guru Metematika dan IPA serta TIK dalam berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran (bilingual)
  • Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (TU) dalam pengoperasian komputer.
  • Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (TU) dalam melaksanakan TUPOKSI.

Standar Prasarana dan Sarana Pendidikan :

  • Pengembangan dan inovasi media/peralatan pembelajaran untuk laboratorium IPA.
  • Pengembangan laboratorium Bahasa
  • Pengembangan laboratorium Komputer.
  • Pengembangan sarana pembelajaran dalam bentuk CD pembelajaran.
  • Pengembangan internet sebagai sumber belajar (warnet sekolah)
  • Penambahan buku referensi (kamus)
  • Penambahan komputerisasi untuk katalogisasi perpustakaan.
  • Pengembangan sarana penyiaran Stodio Mini
  • Pengembangan Sarana Pemantauan pembelajaran ,Supervisi tak langsung melalui CCTV.
  • Pengembangan peralatan sistem menejemen Informasi (SIM)
  • Penambahan buku penunjang pembelajaran.
  • Pengembangan sarana laboratorium Matematika.
  • Penambahan sarana OHP,LCD untuk pembelajaran.
  • Pengembangan televisi dan CD Pleyer untuk pembelajaran.
  • Penambahan Display Board.

Standar Pengelolaan (Manajemen) :

  • Pembuatan struktur organisasi sekolah dan TUPOKSI.
  • Pembuatan RKS dan RKAS
  • Pengembangan sistem monitoring dan evaluasi.
  • Pengembangan sistem supervisi klinis.
  • Persiapan ISO 9001-2008
  • Penerapan SIM ( Sistem Informasi Manajemen )
  • Penerapan dan peningkatan Culture Boilding warga sekolah dengan 5 S ( Senyum,Salam,Sapa sopan dan Santun),Budaya Jawa( lagu-lagu dan dolanan jawa)
  • Penerapan Englis Day, Dinten bahasa kama
  • Peningkatan Kerokhanian dengan pembiasaan pagi hari sebelum pembelajaran dengan mengaji dan sholat dhuha.

Standar Pembiayaan Pendidikan ;

  • Pencapaian standar pembiayaan minimal Rp. 150.000,- perbulan persiswa.
  • Pengelolaan sumber dana BOS, Block Grand dan lain-lain dengan angkutabilitas, transparan, efisien dan sesuai dengan kebutuhan serta dapat dipertanggung jawabkan.
  • Pengembangan jalinan kerja sama dengan sekolah (masyarakat) dan Pemerintah Pusat, Propinsi maupun Kabupaten
  • Bekerja sama dengan alumni dalam penggalan dana pendidikan.
  • Bekerja sama dengan penyandang dana independent.

Standar Penilaian :

  • Pengembangan perangkat penilaian kurikulum tingkat satuan pendidikan (kurikulum SMP Negeri 3 Tuban), yang meliputi pemetaan, KKM, dan Sistem Penilaian sesuai SNP dan standar Internasional.
  • Implementasi model evaluasi pembelajaran secara lengkap dan komprehensif dengan teknik penilaian yang bervariasi (sesuai PP 19 tahun 2005) untuk semua kelompok mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.
  • Menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk melaksanakan penilaian dalam rangka pengembangan perangkat penilaian sampau dengan analisis dan pelaporan hasil belajar peserta didik.
  • Melakukan kerjasama dengan pihak lain untuk melaksanakan uji coba prestasi peserta didik secara periodik.
  • Melaksanaan pengembangan software penilaian dengan : dengan melaksanakan pelatihan, In House Training.
  • Menginformasikan pada Orang Tua Siswa melalui program SMS atau Website SMP Negeri 3 Tuban